DLLESS DONAT
DISUSUN
OLEH: Syarifatus Sa’diah (57212263)
Kelas
: 2DF01
DAFTAR ISI..................................................................................................................... 1
Ringkasan Eksekutif ......................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Perusahaan .................................................................................... 3
1.2
Visi
& Misi ............................................................................................................. 3
1.3
Motto
Perusahaan................................................................................................... 3
1.4
Data
Perusahaan .................................................................................................... 4
1.5
Struktur
Organisasi ................................................................................................ 6
BAB II ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk/Jasa Yang Dihasilkan ................................................................................ 7
2.2 Bauran Pemasaran/Analisis 4P............................................................................... 7
2.3 Target Dan Segmentasi Pasar................................................................................. 7
2.4 Strategi Pemasaran ................................................................................................ 8
2.5 SWOT.................................................................................................................... 8
2.6 TOWS.................................................................................................................... 9
BAB III ANALISIS PRODUKSI
3.1 Bahan Baku Dan Penggunaannnya ..................................................................... 10
3.2 Proses Produksi.................................................................................................... 11
3.3 Kapasitas Produksi .............................................................................................. 11
BAB IV ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA
(SDM)
4.1 Analisis Kompetensi SDM................................................................................... 12
4.2 Keunggulan dan kompetensi SDM...................................................................... 12
4.3 Rencana Kebutuhan Pengembangan SDM ......................................................... 12
BAB V ANALISIS KEUANGAN
5.1 Modal Usaha........................................................................................................ 13
5.2 Penentuan Harga Produksi................................................................................... 13
5.3 Penentuan Harga Jual........................................................................................... 17
5.4 Laporan Laba Rugi .............................................................................................. 19
5.5 Laporan Perubahan Modal .................................................................................. 21
5.6 Laporan Arus Kas ............................................................................................... 22
5.7 Laporan Neraca ................................................................................................... 28
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG PERUSAHAAN
Rutinitas
di pagi hari terkadang menyebabkan seseorang lupa untuk sarapan, terutama
seorang mahasiswa seperti kami. Sehingga kami berfikir untuk memulai usaha
dalam bidang kuliner berupa makanan praktis dan higienis serta terjangkau yaitu
donat dengan berbagai macam rasa.
1.2 Visi & Misi
1. Visi
Menjadi perusahaan penyedia makanan ringan yang dicari semua
kalangan masyarakat.
2. Misi
- Membuat makanan dari bahan yang
berkualitas
- Mempertahankan cita rasa produk yang
dihasilakan
- Memberikan solusi bagi pelanggan
untuk mendapatkan makanan yang sehat
- Selalu berinovasi dalam menghasilkan
produk
1.3 Motto
Perusahaan
“Pengganjal
perut dikala lapar”
1.4 Data Perusahaan
No
|
Nama
Perusahaan
|
D’LLESS
DOUNUT
|
1
|
Bidang
Usaha
|
Kuliner
(makanan ringan)
|
2
|
Jenis
Produk
|
Donat
|
3
|
Alamat
Perusahaan
|
Jl.
Margonda raya
|
4
|
Nomor
Telepon
|
087835253669
|
|
Alamat
email
Twitter
Facebook
|
Dounat.DLLESS@gmail.com
@D’LLESS
DOUNAT
D’LLESS
DOUNAT
|
5
|
Mulai
Berdiri
|
|
BAB II
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk
Yang Dihasilkan
Keistimewaan
D’LLESS DOUNAT :
1.
Bahan
menggunakan kualitas terbaik
2.
Harga
terjangkau
3.
Banyak
macam-macam rasa
4.
Terima
pesanan untuk berbagai acara
2.2 Bauran
Pemasaran/4P
1. Produk :
· Tipe : donat
· Brand : D’LLESS DOUNAT
· Quality : lembut dan banyak macam
rasa
· Packing : tissue dan plastik
2.
Price :
·
Price
List : Rp. 2.500
3.
Promotion :
Kami menawarkan secara langsung
kepada pembeli (direct marketing) dan memanfaatkan sosial media (twitter,
facebook,blackberry messenger) sebagai advertising
4. Place :
Lokasi yang kami pilih adalah kampus
universitas gunadarma depok dan sekitarnya.
2.3Targetdan
Segmentasi Pasar
· Segmentasi geografi
Wilayah yang akan dijadikan target
pasar yaitu di daerah kampus universitas gunadarma depok.
· Segmentasi demografi
Kami akan memperkenalkan produk kami
kepada mahasiswa, dosen dan masyarakat sekitar kampus.
2.4
Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
Produk yang akan kami produk yang
kami tawarkan merupakan jenis makanan yang lezat dan harga yang relative
terjangkau. Donat yang kami produksi memiliki berbagai macam rasa.
2. Membangun jaringan dengan usaha
lain yang dapat mendukung bisnis
Membangun kerja sama dengan
perusahaan tepung terigu, telur, gula dan mentega agar dapat memproduksi donat
yang berkualitas.
3. Inovasi pada
design yang ditawarkan
Seiring berkembangnya jaman kamiakan
selalu berinovasi agar dapat memproduksi donat yang digemari masyarakat serta
kami juga akan membuat donat dengan berbagai macam rasa dan tampilan yang unik.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Kami akan selalu bertanya pada
konsumen mengenai produk kami mengenai kekurangan dan kelebiihan produk kami
sehingga kami dapat memperbaiki kekurangan dan mengembangkan kelebihan produk
kami.
5. Media
pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami
tidak hanya secara langsung tetapi juga melalui jejaring sosial.
2.5 SWOT
1. STRENGTH (KEKUATAN)
- Cita rasa yang menyeluruh dikalangan
masyarakat
- Mempunyai rasa yang berbeda dengan
kompetitor lain
- Pemasarannya tidak hanya didalam
lingkungan tetapi diluar lingkungan
- Terima pesanan
2. WEAKNESSES
(KELEMAHAN)
- Masih kurangnya SDM yang
professional
- Modal yang terbatas
- Masih sulitnya bahan baku yang
berkualitas
- Belum bsia memproduksi dalm bentuk
banyak
3. OPPORTUNITIES
(PELUANG)
- Produk digemari semua kalangan
- Banyak masyarakat yang sudah banyak menganal donat
- Harga bersaing
4. THREATS (ANCAMAN)
- Banyaknya competitor
- Kemungkinan produk akan ditiru
- Adanya persaingan harga
2.6 TOWS
· S.O
Memperluas pemasaran agar dapat memenuhi permintaan
pelanggan.
· W.O
Memberikan pelatihan kepada karyawan agar dapat memproduksi
donat yang berkualitas.
· S.T
Selalu berinovasi agar dapat memproduksi donat yang berbeda
dengan competitor lain.
· W.T
Kami akan selalu mengupdate selera pelanggan dan mengikuti
tren rasa makanan yang terbaru.
BAB III
ANALISIS
PRODUKSI
3.1 Bahan
Baku Dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat donat :
- Telur ayam, kocok lepas
- Garam
- Minyak untuk menggoreng
- Ubi jalar yang tua, cuci bersih kulitnya
- Tepung terigu
- Gula
- Mentega
- Pernivan
CARA PEMBUATAN :
- Kukus ubi sampai matang, kupas kulitnya dan haluskan segera campur dengan tepung terigu, aduk rata.
- Tambahkan telur kocok, garam dan pernivan. Aduk rata hingga menjadi adonan.
- Buat bentuk gelang dengan adonan tersebut. Caranya buat bola dulu lalu lubangi tengahnyasampai besar gelang sesuai selera.
- Goreng dalam minyak yang banyak dan panas sampai mengembang dan kekuningan. Angkat dan tiriskan dan tunggu sampai uap hilang baru beri topping beraneka macam rasa.
Material : (donat : tepung terigu, telur, tepung pernivan,
mentega, gula pasir, gula halus.
|
Keunggulan dalam proses yang dibuat :
1. Bahan baku yang mudah di dapat
2. Proses penyajian mudah dan cepat
3. Peralatan yang dibutuhkan mudah
digunakan
4. Bahan baku yang relative murah
|
BAB
IV
ANALISIS
SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
4.1
Analisis Kompetensi SDM
BAGIAN/DEPARTEMEN
|
TINGKAT
PENDIDIKAN
|
JUMLAH
|
MANAJEMEN
|
SMA
|
2
|
PRODKSI
|
SMA
|
2
|
PEMASARAN
|
SMA
|
1
|
KEUANGAN
|
SMA
|
1
|
4.2
Keunggulan dan kompetensi SDM :
-
CEO
(Direktur Utama)
Mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada dalam
perusahaan dan mampu membca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil
keputusan.
-
General
Manager
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan
strategi perusahaan.
-
Financial
Manager
Mengontrol dan memonitor semua yang berhubugan dengan masalah
keuangan perusaahan,dan dapet mengatasi semua masalah keuangan
-
Production
Manager
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikn produk
yang akan diperjual belikan.
-
Marketing
Manager
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan
miliki melalui berbagai media.
4.3
Rencana kebutuhan pengembangan SDM
Jika dilihat dari jumlah pegawai
atau karyawan yang masih kurang mencukupi, kami berencana untuk membei
pelatiahan dan menambah beberapa karyawan
seperti bagian produksi dan pemasaran.
BAB V
ANALISIS
KEUANGAN
5.1 Modal Usaha
Modal
Pinjaman Univ. Gunadarma Rp. 400.000
5.2 Penentuan Harga Produksi Bulan 1 s/d 6
Why gambling is not legal in all regions of the world
BalasHapusIn the first place, gambling is illegal in the United States, according 토토사이트 to a 2011 study from the State 인천광역 출장안마 of Washington. The State: United StatesConnecticut: Delaware, Indiana, Iowa, Louisiana, Maine, 전주 출장샵 Mississippi, Montana, Nevada, New Mexico, New York, 아산 출장마사지 Pennsylvania, 강원도 출장안마 Virginia, Wyoming, West Virginia, Wyoming, Other States: Other