Selasa, 29 Desember 2015

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN - DONAT UNGU

DLLESS DONAT 
 


DISUSUN OLEH: Syarifatus Sa’diah (57212263)
Kelas : 2DF01

DAFTAR ISI..................................................................................................................... 1
Ringkasan Eksekutif ......................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang Perusahaan .................................................................................... 3
1.2       Visi & Misi ............................................................................................................. 3
1.3       Motto Perusahaan................................................................................................... 3
1.4       Data Perusahaan .................................................................................................... 4
1.5       Struktur Organisasi ................................................................................................ 6
BAB II ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1    Produk/Jasa Yang Dihasilkan ................................................................................ 7
2.2    Bauran Pemasaran/Analisis 4P............................................................................... 7
2.3    Target Dan Segmentasi Pasar................................................................................. 7
2.4    Strategi Pemasaran ................................................................................................ 8
2.5    SWOT.................................................................................................................... 8
2.6    TOWS.................................................................................................................... 9
BAB III ANALISIS PRODUKSI
3.1    Bahan Baku Dan Penggunaannnya ..................................................................... 10
3.2    Proses Produksi.................................................................................................... 11
3.3    Kapasitas Produksi .............................................................................................. 11
BAB IV ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
4.1    Analisis Kompetensi SDM................................................................................... 12
4.2    Keunggulan dan kompetensi SDM...................................................................... 12
4.3    Rencana Kebutuhan Pengembangan SDM ......................................................... 12
BAB V ANALISIS KEUANGAN
5.1    Modal Usaha........................................................................................................ 13
5.2    Penentuan Harga Produksi................................................................................... 13
5.3    Penentuan Harga Jual........................................................................................... 17
5.4    Laporan Laba Rugi .............................................................................................. 19
5.5    Laporan Perubahan Modal .................................................................................. 21
5.6    Laporan Arus Kas ............................................................................................... 22
5.7    Laporan Neraca ................................................................................................... 28

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
            Rutinitas di pagi hari terkadang menyebabkan seseorang lupa untuk sarapan, terutama seorang mahasiswa seperti kami. Sehingga kami berfikir untuk memulai usaha dalam bidang kuliner berupa makanan praktis dan higienis serta terjangkau yaitu donat dengan berbagai macam rasa.
1.2   Visi & Misi
1.      Visi
Menjadi perusahaan penyedia makanan ringan yang dicari semua kalangan masyarakat.
2.      Misi
-          Membuat makanan dari bahan yang berkualitas
-          Mempertahankan cita rasa produk yang dihasilakan
-          Memberikan solusi bagi pelanggan untuk mendapatkan makanan yang sehat
-          Selalu berinovasi dalam menghasilkan produk
1.3 Motto Perusahaan
            “Pengganjal perut dikala lapar”

1.4  Data Perusahaan
No
Nama Perusahaan
D’LLESS DOUNUT
1
Bidang Usaha
Kuliner (makanan ringan)
2
Jenis Produk
Donat
3
Alamat Perusahaan
Jl. Margonda raya
4
Nomor Telepon
087835253669

Alamat email
Twitter
Facebook
Dounat.DLLESS@gmail.com
@D’LLESS DOUNAT
D’LLESS DOUNAT
5
Mulai Berdiri


BAB II
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk Yang Dihasilkan
Keistimewaan D’LLESS DOUNAT :
1.      Bahan menggunakan kualitas terbaik
2.      Harga terjangkau
3.      Banyak macam-macam rasa
4.      Terima pesanan untuk berbagai acara
2.2 Bauran Pemasaran/4P
1. Produk :
·         Tipe : donat
·         Brand : D’LLESS DOUNAT
·         Quality : lembut dan banyak macam rasa
·         Packing : tissue dan plastik
      2.  Price :
·         Price List : Rp. 2.500
 3.  Promotion :
Kami menawarkan secara langsung kepada pembeli (direct marketing) dan memanfaatkan sosial media (twitter, facebook,blackberry messenger) sebagai advertising 
4.  Place :
Lokasi yang kami pilih adalah kampus universitas gunadarma depok dan sekitarnya.
2.3Targetdan Segmentasi Pasar
·         Segmentasi geografi
Wilayah yang akan dijadikan target pasar yaitu di daerah kampus universitas gunadarma depok.

·         Segmentasi demografi
Kami akan memperkenalkan produk kami kepada mahasiswa, dosen dan masyarakat sekitar kampus.

2.4 Strategi Pemasaran
            1. Perkenalan Bisnis
Produk yang akan kami produk yang kami tawarkan merupakan jenis makanan yang lezat dan harga yang relative terjangkau. Donat yang kami produksi memiliki berbagai macam rasa.
            2. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Membangun kerja sama dengan perusahaan tepung terigu, telur, gula dan mentega agar dapat memproduksi donat yang berkualitas.
3.  Inovasi pada design yang ditawarkan
Seiring berkembangnya jaman kamiakan selalu berinovasi agar dapat memproduksi donat yang digemari masyarakat serta kami juga akan membuat donat dengan berbagai macam rasa dan tampilan yang unik.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Kami akan selalu bertanya pada konsumen mengenai produk kami mengenai kekurangan dan kelebiihan produk kami sehingga kami dapat memperbaiki kekurangan dan mengembangkan kelebihan produk kami.
      5. Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami tidak hanya secara langsung tetapi juga melalui jejaring sosial.
2.5 SWOT
1. STRENGTH (KEKUATAN)
-          Cita rasa yang menyeluruh dikalangan masyarakat
-          Mempunyai rasa yang berbeda dengan kompetitor lain
-          Pemasarannya tidak hanya didalam lingkungan tetapi diluar lingkungan
-          Terima pesanan
2.  WEAKNESSES (KELEMAHAN)
-          Masih kurangnya SDM yang professional
-          Modal yang terbatas
-          Masih sulitnya bahan baku yang berkualitas
-          Belum bsia memproduksi dalm bentuk banyak
3.  OPPORTUNITIES (PELUANG)
-          Produk digemari semua kalangan
-          Banyak masyarakat  yang sudah banyak menganal donat
-          Harga bersaing 
4.  THREATS (ANCAMAN)
-          Banyaknya competitor
-          Kemungkinan produk akan ditiru
-          Adanya persaingan harga

2.6   TOWS
·         S.O
Memperluas pemasaran agar dapat memenuhi permintaan pelanggan.
·         W.O
Memberikan pelatihan kepada karyawan agar dapat memproduksi donat yang berkualitas.
·         S.T
Selalu berinovasi agar dapat memproduksi donat yang berbeda dengan competitor lain.
·         W.T
Kami akan selalu mengupdate selera pelanggan dan mengikuti tren rasa makanan yang terbaru.

BAB III
ANALISIS PRODUKSI

3.1 Bahan Baku Dan Penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat donat :
  • Telur ayam, kocok lepas
  • Garam
  • Minyak untuk menggoreng
  • Ubi jalar yang tua, cuci bersih kulitnya
  • Tepung terigu
  • Gula
  • Mentega
  • Pernivan
CARA PEMBUATAN :
  1. Kukus ubi sampai matang, kupas kulitnya dan haluskan segera campur dengan tepung terigu, aduk rata.
  2. Tambahkan telur kocok, garam dan pernivan. Aduk rata hingga menjadi adonan.
  3. Buat bentuk gelang dengan adonan tersebut. Caranya buat bola dulu lalu lubangi tengahnyasampai besar gelang sesuai selera.
  4. Goreng dalam minyak yang banyak dan panas sampai mengembang dan kekuningan. Angkat dan tiriskan dan tunggu sampai uap hilang baru beri topping beraneka macam rasa.
Material : (donat : tepung terigu, telur, tepung pernivan, mentega, gula pasir, gula halus.
Keunggulan dalam proses yang dibuat :
1.      Bahan baku yang mudah di dapat
2.      Proses penyajian mudah dan cepat
3.      Peralatan yang dibutuhkan mudah digunakan
4.       Bahan baku yang relative murah

BAB IV
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
4.1 Analisis Kompetensi SDM
BAGIAN/DEPARTEMEN
TINGKAT PENDIDIKAN
JUMLAH
MANAJEMEN
SMA
2
PRODKSI
SMA
2
PEMASARAN
SMA
1
KEUANGAN
SMA
1

4.2 Keunggulan dan kompetensi SDM :
-          CEO (Direktur Utama)
Mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
-          General Manager
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
-          Financial Manager
Mengontrol dan memonitor semua yang berhubugan dengan masalah keuangan perusaahan,dan dapet mengatasi semua masalah keuangan
-          Production Manager
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikn produk yang akan diperjual belikan.
-          Marketing Manager
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.

4.3 Rencana kebutuhan pengembangan SDM
Jika dilihat dari jumlah pegawai atau karyawan yang masih kurang mencukupi, kami berencana untuk membei pelatiahan dan menambah beberapa karyawan  seperti bagian produksi dan pemasaran.

BAB V
ANALISIS KEUANGAN
5.1 Modal Usaha
            Modal Pinjaman Univ. Gunadarma Rp. 400.000

5.2 Penentuan Harga Produksi Bulan 1 s/d 6
          

1 komentar:

  1. Why gambling is not legal in all regions of the world
    In the first place, gambling is illegal in the United States, according 토토사이트 to a 2011 study from the State 인천광역 출장안마 of Washington. The State: United StatesConnecticut: Delaware, Indiana, Iowa, Louisiana, Maine, 전주 출장샵 Mississippi, Montana, Nevada, New Mexico, New York, 아산 출장마사지 Pennsylvania, 강원도 출장안마 Virginia, Wyoming, West Virginia, Wyoming, Other States: Other

    BalasHapus